Senin, 18 Desember 2017

Pemberian ASI Eksklusif Pada Ibu Bekerja

ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA


ASI sangat bermanfaat bagi bayi, maka disarankan agar ibu menyusui bayinya selama 6 bulan sejak kelahiran tanpa tambahan cairan lain ( susu formula, jeruk, madu, air teh, dan air putih ) dan tambahan makanan padat ( pisang, bubur susu, biskuit, bubur nasi dan nasi tim ) dikenal dengan istilah ASI Eksklusif.

Banyak sekali manfaat ASI bagi bayi salah satunya yaitu
1. Menurunkan risiko terjadinya penyakit infeksi
2. Menurunkan dan mencegah terjadinya penyakit non infeksi
3. Dapat meningkatkan IQ anak

ASI yang dikeluarkan pada 7 hari pertama setelah bayi lahir disebut KOLOSTRUM. Kolostrum sangat baik buat bayi baru lahir karena mengandung banyak antibodi dan sel darah putih, serta vitamin A. Karena vitamin A dapat memberikan perlindungan terhadap infeksi dan alergi.


IBU BEKERJA DAPAT MEMBERIKAN ASI EKSKLUSIF
 
Walaupun ibu bekerja dan tempat bekerja jauh dari rumah, ibu tetap dapat memberikan ASI kepada bayinya. Ibu harus belajar memerah ASI segera setelah bayi lahir.
ASI jangan dimasak atau dipanaskan, karena panas akan merusak bahan - bahan antiinfeksi yang terkandung dalam ASI. Setelah ASI diperah bayi tetap disusui untuk mendapatkan ASI akhir (hindmik), karena pengisapan oleh bayi akan lebih baik daripada pengeluaran ASI dengan cara diperah. Ditempat bekerja, ibu dapat memerah ASI 2 - 3 kali (setiap 3 jam). Simpan ASI dilemari es dan dibawa pulang dengan termos es saat ibu selesai bekerja.
 
WAKTU PENYIMPANAN ASI
 
1. Didalam ruangan dengan suhu 27 -32 derajat kolostrum dapat disimpan selama 12 jam
2. ASI pada suhu 19 - 25 derajat dapat tahan selama 4 - 8 jam
3. Bila ASI disimpan dalam lemari es pada suhu 0 - 4 derajat akan tahan selama 1 - 2 hari
4. Penyimpanan dalam lemari pembeku ( freezer ) didalam almari es pintu 1 ASI tahan selama 2 bulan, sedangkan untuk dalam freezer dilemari es pintu 2 tahan 3 - 4 bulan.
5. Tempat penyimpanan ASI sebaiknya dari plastik polietylen atau gelas kaca.
 
Demikian tips - tipsnya, semoga berguna dan bermanfaat.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar